Rabu, 24 Oktober 2012

Kehidupan dalam Bermasyarakat

| Rabu, 24 Oktober 2012 | 0 komentar

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Manusia dikatakan sebagai makhluk individu yang pada dasarnya dibentuk oleh tiga aspek yaitu aspek jasmani, rohani dan sosial. Dalam perkembangannya menjadi ‘manusia’, sebagaimana diistilahkan oleh Dick Hartoko, individu tersebut menjalani sejumlah bentuk sosialisasi. Sosialisasi inilah yang membantu individu mengembangkan ketiga aspeknya tersebut. Manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. dalam memenuhi semua kebutuhan hidupnya. 

1.2  Batasan Masalah
Makalah ini membahas mengenai bagaimana hubungan seorang individu terhadap lingkungan. Dimulai dari hubungannya dengan masyarakat, dampak apa saja yang didapat dari hubungan atau interaksi sosial tersebut.

1.3  Tujuan Penulisan
Memberikan pengetahuan kepada para pembaca tentang bagaimana hubungan antar individu dengan lingkungan, cara dia dalam berinteraksi dengan lingkungan serta dampak apa saja yang didapat dari hubungan tersebut.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Hubungan antara individu dalam kehidupan bermasyarakat
Individu berasal dari kata latin yaitu individuum yang “ berarti tak terbagi”. Dengan kata lain individu adalah seseorang yang memiliki kepribadian serta memiliki pola tingkah laku yang berbeda antara satu dengan yang lain.
Dalam kehidupan bermasyarakat seorang individu pasti membutuhkan orang lain dalam memenuhi semua kebutuhan hidupnya. Dimulai dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga kemudian ke lingkungan yang lebih besar ( masyarakat ). Cara ini juga dibutuhkan untuk mempererat hubungan antar sesama individu. Hubungan timbal balik sangat terlihat dalam bermasyarakat. Misalnya, jika hari ini seseorang berbuat baik menolong tetangganya yang sedang kesusahan  maka pada suatu hari nanti apabila ia menemui kesulitan maka para tetangganya pun tidak akan melupakan kebaikannya dan pasti akan menolong. 

2.2 Dampak dari bersosialisasi dengan lingkungan bermasyarakat
“Dengan siapa kita bergaul akan sangat memengaruhi cara kita hidup dan berpikir.” Maksud dari kutipan tersebut adalah dengan siapa kita bergaul atau berinterkasi dalam kehidupan bermasyarakat ini akan sangat berpengaruh pada cara pikir serta cara hidup kita. Maksudnya adalah jika kita bergaul dengan lingkungan yang melakukan hal – hal postif, maka tingkah laku, bola berpikir akan melakukan hal – hal positif. Namun jika kita bergaul dengan lingkungan yang bersifat negatif maka tingkah laku, bola berpikir akan negatif

      ·     Dampak Positif
             - Mempererat persaudaraan dengan individu lain
             - Saling menghormati dan menghargai antar individu
-         Saling tolong menolong antar individu
-         Bisa menjadi panutan bagi individu lain

·     Dampak Negatif 
- Tidak ada rasa saling menghormati antar individu
- Membicarakan hal-hal yang tidak baik yang bisa menimbulkan fitnah
- Tidak ada kerukunan antar individu

2.3 Kebudayaan sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat
Kebudayaan yang diterapkan seseorang dalam kehidupan sehari-harinya merupakan suatu kebiasaan dari daerah tersebut. Maka jika ingin dihargai dalam kehidupan bermasyarakat hendaknya kita menghormati adat istiadat tersebut.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Aspek dari individu, keluarga, masyarakat dan kebudayaan adalah aspek-aspek sosial yang tidak bisa dipisahkan. Kesemuanya mempunyai hubungan yang sangat erat. Tidak akan pernah ada keluarga, masyarakat maupun kebudayaan apabila tidak ada individu. Dalam kehidupan sosial, manusia pasti saling membutuhkan satu sama lain agar tercapai semua kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu hendaklah membina hubungan baik antar sesama manusia.  

3.2 Saran
Hendaklah berhati – hati dalam membina sebuah hubungan dalam bermasyarakat. Pilihlah yang bermanfaat untuk kehidupan anda.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
© Copyright 2012. Makalah Cyber . All rights reserved | Makalah Cyber.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Makalah Cyber - Zoenk