Minggu, 14 Oktober 2012

Makalah "Penjabaran Wawasan Nusantara dalam Proses Pembelajaran"

| Minggu, 14 Oktober 2012 | 0 komentar

BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang

Sebelum membahas Wawasan Nusantara, kita sebaiknya terlebih dahulu mengerti dan memahami Wawasan Nasional suatu bangsa secara universal. Suatu bangsa meyakini bahwa kebenaran yang datang dari Tuhan pencipta alam semesta. Manusia memiliki kelebihan dari mahkluk lainnya memaluli akal pikiran dan budi nuraninya. Namun karena kemampuanya dalam menggunakan akal pikiran dan budi nuraninya tersebut terbatas, sehingga manusia yang satu dan yang lain tidak memilih tingkat kemampuan yang sama.  Ketidaksamaan tersebut menimbulkan perbedaan pendapat, kehidupan, kepercayaan dalam hubungan dengan penciptanya dan melaksanakan hubungan dengan sesamanya, dan dalam cara meliha serta memahami sesuatu. Perbedaan-perbedaan inilah yang kita sebut keanekaragamaan. Dalam kehiduoan berbangsa dan bernegara, keanekaragamaan tersebut memerlukan perekat agar bangsa yang bersangkutan dapat bersatu memelihara keutuhan negaranya.

Pemerintah dan rakyat memerlukan suatu konsepsi berupa wawasan nasional untuk menyelenggarakan kehidupannya.  Wawasan ini dimaksudkan untuk menjamin kelangsungan hidup, keutuhan wilayah serta jati diri bangsa. Kata "Wawasan" itu sendiri berasal dari wawas (bahasa jawa) yang artinya melihat atau memandang. Dengan penambahan

2.      Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang akan di bahas pada makalah ini adalah :
·         Tujuan dan manfaat wawasan nusantara
·         Wawasan nusntara dalam proses pembelajaran
·         Upaya yang dilaksanakan untuk memberikan pemahaman tentang wawasan nusantara terhadap seluruh komponen bangsa.


untuk mendownload makalah ini, silahkan klik link berikut ini : "Makalah Penjabaran Wawasan Nusantara dalam Proses Pembelajaran"

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
© Copyright 2012. Makalah Cyber . All rights reserved | Makalah Cyber.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Makalah Cyber - Zoenk