DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I KASUS 4
...............................................................................................................
1
BAB II PERENCANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN
............................................. 2
BAB III PENUTUP
Kesimpulan
.......................................................................................................................
3
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kami panjatkan kepada Hadirat Illahi Robbi karena berkat rahmat dan karunia-Nya
kami dapat menyelesaikan makalah ini. Salawat dan salam semoga senantiasa
tercurah kepada suri tauladan sepanjang jaman Rasullulah SAW. Kami ucapkan juga
terimakasih kepada dosen yang membimbing kami dam pembuatan makalah ini.
Makalah ini
membahas dan menjelaskan secara sederhana tentang “perencanaan
pendidikan kesehatan” Dalam pembuatan makalah ini tentunya masih banyak kekurangan dan
kesalahannya, oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran yang bersifat
membangun dari semua pihak dan semoga makalah ini bermanfaat.
Yogyakarta, 5 April 2012
Penyusun
BAB I
KASUS 4
AKI berguna untuk menggambarkan tingkat kesadaran perilaku hidup sehat, status gizi
dan kesehatan ibu, kondisi kesehatan
lingkungan, tingkat pelayanan kesehatan terutama untuk ibu hamil, pelayanan
kesehatan waktu melahirkan dan masa nifas. Angka
kematian ibu maternal di Kabupaten Kulon Progo dari tahun 2005
sebanyak 151 per 100.000 kelahiran hidup, tahun 2006
sebesar 109,56 per 100.000 kelahiran hidup, tahun 2007
sebanyak 252,18 per 100.000 kelahiran hidup, tahun 2008
sebanyak 237,7 per 100.000 kelahiran hidup dan pada tahun 2009
sebanyak 75,26 per 100.000 kelahiran hidup,
tahun 2009 sejumlah 4 orang yang terdiri dari 1 kematian ibu hamil
dan 3 kematian ibu bersalin. Jumlah Kematian ibu maternal pada tahun 2010
sejumlah 5 orang yang terdiri dari 3 kematian ibu bersalin dan 2 kematian ibu
nifas sedangkan pada tahun 2011 sebanyak 6 orang yang terdiri dari 1 kematian ibu hamil
dan 5 kematian ibu bersalin.
No.
|
ANGKA KEMATIAN
|
2009
JML %
|
2010
JML %
|
2011
JML %
|
1.
|
Ibu Hamil
|
1 0.55
|
0 0
|
1 0.55
|
2.
|
Ibu Bersalin
|
3 1.66
|
3 1.66
|
5
2.77
|
3.
|
Ibu Nifas
|
0 0
|
2 1.11
|
0 0
|
TUGAS:
Lakukan perencanaan pendidikan
kesehatan berdasarkan masalah tersebut di atas sesuai dengan langkah-langkah
perencanaan pendidikan kesehatan.
BAB II
KASUS
4
PERENCANAAN
PENDIDIKAN KESEHATAN
LANGKAH 1:
IDENTIFIKASI MASALAH DAN PRIORITAS MASALAH
A.
Identifikasi
masalah
Identifikasi masalah
dari kasus 4
adalah sebagai berikut:
1.
1,1 % Kematian ibu hamil
2.
6,09 % Kematian ibu bersalin
3.
1, 11 % Kematian ibu nifas
B.
Prioritas
masalah
Dari masalah yang
sudah diidentifikasi di atas, kemudian dibuat prioritas masalah dengan SKORING
TEKNIK dengan hasil sebagai berikut:
Masalah
1 : kematian ibu hamil
NO.
|
PARAMETER
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Besarnya masalah
|
|
√
|
|
|
2
|
Berat ringannya akibat yang
ditimbulkan
|
|
|
√
|
|
3
|
Kenaikan prevalensi masalah
|
|
|
√
|
|
4
|
Keinginan masyarakat
menyelesaikan masalah
|
|
|
|
√
|
5
|
Keuntungan sosial yang
diperoleh jika masalah tersebut cepat diselesaikan
|
|
|
|
√
|
6
|
Rasa prihatin masyarakat
terhadap masalah
|
|
√
|
|
|
7
|
Sumber daya yang tersedia untuk
menyelesaikan masalah
|
|
√
|
|
|
|
Jumlah
|
|
6
|
6
|
8
|
|
Total
skor
|
20
|
Masalah
2: kematian ibu bersalin
NO.
|
PARAMETER
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Besarnya masalah
|
|
|
|
√
|
2
|
Berat ringannya akibat yang
ditimbulkan
|
|
|
|
√
|
3
|
Kenaikan prevalensi masalah
|
|
|
√
|
|
4
|
Keinginan masyarakat
menyelesaikan masalah
|
|
|
|
√
|
5
|
Keuntungan sosial yang
diperoleh jika masalah tersebut cepat diselesaikan
|
|
|
|
√
|
6
|
Rasa prihatin masyarakat
terhadap masalah
|
|
|
|
√
|
7
|
Sumber daya yang tersedia untuk
menyelesaikan masalah
|
|
√
|
|
|
|
Jumlah
|
|
2
|
3
|
20
|
|
Total
skor
|
25
|
Masalah
3: kematian ibu nifas
NO.
|
PARAMETER
|
SKOR
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Besarnya masalah
|
|
|
√
|
|
2
|
Berat ringannya akibat yang
ditimbulkan
|
|
|
|
√
|
3
|
Kenaikan prevalensi masalah
|
|
|
√
|
|
4
|
Keinginan masyarakat
menyelesaikan masalah
|
|
|
√
|
|
5
|
Keuntungan sosial yang
diperoleh jika masalah tersebut cepat diselesaikan
|
|
|
√
|
|
6
|
Rasa prihatin masyarakat
terhadap masalah
|
|
|
√
|
|
7
|
Sumber daya yang tersedia untuk
menyelesaikan masalah
|
|
√
|
|
|
|
Jumlah
|
|
2
|
15
|
4
|
|
Total
skor
|
21
|
Berdasarkan scoring
teknik tersebut ditetapkan prioritas masalah sebagai berikut:
Prioritas masalah 1. Angka Kematian
ibu bersalin
2. Angka kematian
ibu nifas
3. Angka kematian ibu hamil
LANGKAH 2: MENETAPKAN
TUJUAN
Berdasarkan prioritas
masalah yang ditetapkan yaitu mengenai kematian ibu bersalin, ditetapkan tujuan pendidikan
kesehatan sebagai berikut:
1.
Untuk
menurunkan angka kematian ibu ( AKI ) bersalin
2.
Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada ibu
bersalin
3.
Untuk meningkatkan kesadaran perilaku masyarakat siap
siaga
LANGKAH 3:
ANALISIS ALTERNATIF KEGIATAN
1.
Untuk
mencapai tujuan 1, alternatif kegiatan yang bisa dilakukan adalah:
a.
Melakukan pemeriksaan kesehatan ibu saat hamil
b.
Memberi asuhan kebidanan ibu bersalin yang menyeluruh
c.
Memberikan
pelayanan kesehatan kepada ibu-ibu
secara teratur dan terus menerus dalam waktu sakit atau sehat, pada masa intra
partum
2.
Untuk
mencapai tujuan 2, alternatif kegiatan yang bisa dilakukan adalah:
a.
Menerapkan APN 58 langkah secara komprehensif
b.
Menerapkan prinsip steril dalam penanganan ibu bersalin
c.
Menerapkan gerakan sayang ibu
d.
Memberikan asuhan yang bermutu tinggi
e.
Memberikan kemudahan kepada masyarakat
terhadap pelayanan rujukan, jika terjadi komplikasi
3.
Untuk
mencapai tujuan 3,
alternatif kegiatan yang bisa dilakukan adalah:
a.
Memberdayakan Desa “Siap Antar Jaga” dengan menyediakan ambulance
desa sehingga masyarakat ikut terlibat dalam kegiatan ini.
b.
Membagikan leaflet tentang
kesehatan ibu saat bersalin
LANGKAH 4:
MENYUSUN RENCANA OPERASIONAL
Pelaksanaan :
Hari/Tanggal : Minggu, 9 April
2012
Tempat : Balai Desa
Anggaran : 5.000.000
Sasaran : ibu
hamil dan bersalin
Jumlah Sasaran : 180 orang
Susunan
acara
No.
|
Kegiatan
|
Penanggung jawab
|
Tempat
|
Waktu
|
1.
|
Sambutan kades dan perwakilan keder
|
Kades dan perwakilan kader
|
Balai Desa
|
10 menit
|
2.
|
Pembagian leaflet
|
Kader Desa
|
Balai Desa
|
. 5 menit
|
3.
|
Demonstrasi materi/ penyuluhan
|
Bidan
|
Balai Desa
|
30 menit
|
4.
|
Tanya jawab materi
|
Bidan
|
Balai Desa
|
15 menit
|
5.
|
Penutup
|
Bidan dan Kader
|
Balai Desa
|
5 menit
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar