Kamis, 03 Mei 2012

TUGAS ILMU KESEHATAN MASYARAKAT PERENCANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I KASUS 4 ............................................................................................................... 1
BAB II PERENCANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN ............................................. 2
BAB III PENUTUP
Kesimpulan ....................................................................................................................... 3
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Hadirat Illahi Robbi karena berkat rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Salawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada suri tauladan sepanjang jaman Rasullulah SAW. Kami ucapkan juga terimakasih kepada dosen yang membimbing kami dam pembuatan makalah ini.
Makalah ini membahas dan menjelaskan secara sederhana tentang “perencanaan pendidikan kesehatan Dalam pembuatan makalah ini tentunya masih banyak kekurangan dan kesalahannya, oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran yang bersifat membangun dari semua pihak dan semoga makalah ini bermanfaat.
Yogyakarta, 5 April  2012
                                                                                                  Penyusun
BAB I
KASUS 4
AKI berguna untuk menggambarkan tingkat kesadaran perilaku hidup sehat, status gizi dan kesehatan ibu, kondisi kesehatan lingkungan, tingkat pelayanan kesehatan terutama untuk ibu hamil, pelayanan kesehatan waktu melahirkan dan masa nifas. Angka kematian ibu maternal di Kabupaten Kulon Progo dari tahun 2005 sebanyak 151 per 100.000 kelahiran hidup, tahun 2006 sebesar 109,56 per 100.000 kelahiran hidup, tahun 2007 sebanyak 252,18 per 100.000 kelahiran hidup, tahun 2008 sebanyak 237,7 per 100.000 kelahiran hidup dan pada tahun 2009 sebanyak 75,26 per 100.000 kelahiran hidup, tahun 2009 sejumlah 4 orang yang terdiri dari 1 kematian ibu hamil dan 3 kematian ibu bersalin. Jumlah Kematian ibu maternal pada tahun 2010 sejumlah 5 orang yang terdiri dari 3 kematian ibu bersalin dan 2 kematian ibu nifas sedangkan pada tahun 2011 sebanyak 6 orang yang terdiri dari 1 kematian ibu hamil dan 5 kematian ibu bersalin.
No.
ANGKA KEMATIAN
2009
JML    %
2010
JML %
2011
JML   %
1.       
Ibu Hamil
1          0.55
0         0
1        0.55
2.       
Ibu Bersalin
3          1.66
3     1.66  
 5      2.77
3.       
Ibu Nifas
0          0
2         1.11
0         0
TUGAS:
Lakukan perencanaan pendidikan kesehatan berdasarkan masalah tersebut di atas sesuai dengan langkah-langkah perencanaan pendidikan kesehatan.
BAB II
KASUS 4
PERENCANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN
LANGKAH 1: IDENTIFIKASI MASALAH DAN PRIORITAS MASALAH
A.     Identifikasi masalah
Identifikasi masalah dari kasus 4 adalah sebagai berikut:
1.       1,1 % Kematian ibu hamil
2.       6,09 % Kematian ibu bersalin
3.       1, 11 % Kematian ibu nifas
B.     Prioritas masalah
Dari masalah yang sudah diidentifikasi di atas, kemudian dibuat prioritas masalah dengan SKORING TEKNIK dengan hasil sebagai berikut:
Masalah 1 : kematian ibu hamil
NO.
PARAMETER
SKOR
1
2
3
4
1
Besarnya masalah
2
Berat ringannya akibat yang ditimbulkan
3
Kenaikan prevalensi masalah
4
Keinginan masyarakat menyelesaikan masalah
5
Keuntungan sosial yang diperoleh jika masalah tersebut cepat diselesaikan
6
Rasa prihatin masyarakat terhadap masalah
7
Sumber daya yang tersedia untuk menyelesaikan masalah
Jumlah
6
6
8
Total skor
20
Masalah 2: kematian ibu bersalin
NO.
PARAMETER
SKOR
1
2
3
4
1
Besarnya masalah
2
Berat ringannya akibat yang ditimbulkan
3
Kenaikan prevalensi masalah
4
Keinginan masyarakat menyelesaikan masalah
5
Keuntungan sosial yang diperoleh jika masalah tersebut cepat diselesaikan
6
Rasa prihatin masyarakat terhadap masalah
7
Sumber daya yang tersedia untuk menyelesaikan masalah
Jumlah
2
3
20
Total skor
25
Masalah 3: kematian ibu nifas
NO.
PARAMETER
SKOR
1
2
3
4
1
Besarnya masalah
2
Berat ringannya akibat yang ditimbulkan
3
Kenaikan prevalensi masalah
4
Keinginan masyarakat menyelesaikan masalah
5
Keuntungan sosial yang diperoleh jika masalah tersebut cepat diselesaikan
6
Rasa prihatin masyarakat terhadap masalah
7
Sumber daya yang tersedia untuk menyelesaikan masalah
Jumlah
2
15
4
Total skor
21
Berdasarkan scoring teknik tersebut ditetapkan prioritas masalah sebagai berikut:
Prioritas masalah 1. Angka Kematian ibu bersalin
    2. Angka kematian ibu nifas
                            3. Angka kematian ibu hamil
LANGKAH 2: MENETAPKAN TUJUAN
Berdasarkan prioritas masalah yang ditetapkan yaitu mengenai kematian ibu bersalin, ditetapkan tujuan pendidikan kesehatan sebagai berikut:
1.       Untuk menurunkan angka kematian ibu ( AKI ) bersalin
2.       Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada ibu bersalin
3.       Untuk meningkatkan kesadaran perilaku masyarakat siap siaga
LANGKAH 3: ANALISIS ALTERNATIF KEGIATAN
1.       Untuk mencapai tujuan 1, alternatif kegiatan yang bisa dilakukan adalah:
a.       Melakukan pemeriksaan kesehatan ibu saat hamil
b.       Memberi asuhan kebidanan ibu bersalin yang menyeluruh
c.       Memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu-ibu secara teratur dan terus menerus dalam waktu sakit atau sehat, pada masa intra partum
2.       Untuk mencapai tujuan 2, alternatif kegiatan yang bisa dilakukan adalah:
a.       Menerapkan APN 58 langkah secara komprehensif
b.       Menerapkan prinsip steril dalam penanganan ibu bersalin
c.       Menerapkan gerakan  sayang ibu
d.       Memberikan asuhan yang bermutu tinggi
e.       Memberikan kemudahan kepada masyarakat terhadap pelayanan rujukan, jika terjadi komplikasi
3.       Untuk mencapai tujuan 3, alternatif kegiatan yang bisa dilakukan adalah:
a.       Memberdayakan Desa “Siap Antar Jaga” dengan menyediakan ambulance desa sehingga masyarakat ikut terlibat dalam kegiatan ini.
b.       Membagikan leaflet tentang kesehatan ibu saat bersalin
LANGKAH 4: MENYUSUN RENCANA OPERASIONAL
Pelaksanaan :
Hari/Tanggal     : Minggu, 9 April 2012
Tempat             : Balai Desa
Anggaran          : 5.000.000
Sasaran                        : ibu hamil dan bersalin
Jumlah Sasaran : 180 orang
Susunan acara
No.
Kegiatan
Penanggung jawab
Tempat
Waktu
1.        
Sambutan kades dan perwakilan keder
Kades dan perwakilan kader
Balai Desa
10 menit
2.        
Pembagian leaflet
Kader Desa
Balai Desa
. 5 menit
3.        
Demonstrasi materi/ penyuluhan
Bidan
Balai Desa
30 menit
4.        
Tanya jawab materi
Bidan
Balai Desa
15 menit
5.        
Penutup
Bidan dan Kader
Balai Desa
5  menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar