Minggu, 22 April 2012

Makalah IPA SD

| Minggu, 22 April 2012 | 0 komentar

BAB I
PENDAHULUAN


Modul 5 ini membahas tentang media pembelajaran secara umum dan alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran IPA di SD. Pembahasan ini disajikan dalam dua kegiatan belajar yakni :
1.      Kegiatan belajar 1 mencakup tentang media dalam pembelajarn IPA di SD,
2.      Kegiatan belajar 2 mencakup tentang mendesainalat peraga dalam pembelajaran IPA di SD.
Mudah-mudahan dengan mempelajari modul ini mahasiswa dapat merancang dan memeanfaatkan media yang tepat untuk pembelajaran IPA di SD, dan secara rinci setelah mendiskusikan modul 5 ini mahasiswa dapat :
1.      Menjelaskan media,
2.      Menjelaskan prinsip pemilihan media,
3.      Mengidentifikasi media untuk pembelajaran IPA di SD,
4.      Memanfaatkan alat peraga untuk pembelajaran IPA di SD.















BAB II
KEGIATAN BELAJAR 1
MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA


A.           PENGERTIAN MEDIA
Menurut Heinich dkk (1996), media (jamak)/medium (tunggal) secara umum adalah saluran komunikasi, yaitu segala sesuatu yang membawa informasi dari sumber informasi untuk disampaikan  kepada penerima pesan.
Tujuan penggunaan media secara umum adalah untuk memfasilitasi komunikasi. Dan tujuan penggunaan media pembelajaran antara lain :
1.            Meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran,
2.            Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran,
3.            Memberikan arahan tentang tujuan yang akan dicapai,
4.            Menyediakan evaluasi mandiri,
5.            Memberi rangsangan kepada guru untuk kreatif,
6.            Menyampaikan materi pembelajaran,
7.            Membantu pebelajar yang memiliki kekhususan tertentu.
                                                                                                                        
B.           PRINSIP PEMILIHAN DAN PENGGUNAAN MEDIA
Dalam merencanakan dan menyelenggarakan pembelajaran perlu melakukan hal-hal berikut, yaitu : memahami karakteristik siswa, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan jembatan atau penghubung antara pengetahuan, keterampilan, dan prilaku siswa dengan tujuan yang akan dicapai melalui pembelajaran, menetukan metode dan format media yang cocok atau tepat, menggunakan media, melibatkan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, dan melakukan evaluasi dan revisi terhadap pembelajaran.
Format media adalah bentuk fisik yang berisi pesan untuk disampaikan atau ditunjukan, misalnya : berupa clip charts, slide, audio, film video, atau komputer multimedia, yang dapat bersifat visual tidak bergerak, visual bergerak, kata-kata yang tercetak, atau kata-kata yang disimpan secara lisan.
Setiap format memiliki kelebihan dan kekurangan; nah untuk memilih format kita harus memperhatikan :
1.      Situasi atau setting pembelajaran  (misalkan kelompok kecil, kelompok besar, atau individu)
2.      Variabel siswa (seperti kecenderungan sebagai pembaca, bukan pembaca)
3.      Atau sifat dari tujuan pembelajaran seperti kognitif, efektif, psikomotor, atau interpersonal.
Dalam menyediakan media pembelajaran , guru dapat dihadapkan pada 3 kondisi yaitu :
1.      Memilih dari bahan media yang sesuai benar dengan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
2.      Memilih dari bahan media yang kurang sesuai dengan tuuan sehingga perlu dimodifikasi, atau
3.      Merancang media baru.

Menggunakan media untuk pembelajaran
Untuk menggunakan media pembelajaran seorang guru haruslah memperhatikan :
1.      Memahami media yang akan digunakan dan dengan menyajikan dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang media yang akan digunakan.
2.      Menyiapkan media dan mencobanya sebelum digunakan di depan kelas
3.      Mengatur fasilitas dan lingkungan yang terkait dengan penggunaan media, seperti tempat duduk,ventilasi, penerangan, suasana dan kondisi kelas
4.      Menyiapkan siswa, misal dengan menyampaikan garis besar materi pelajaran, latar belakangnya, keuntunganmempelajarinya, atau penekanan terhadap hal-hal penting
5.      Menyediakan pengalaman belajar bagi siswa.





C.           JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
Pembelajaran merupakan penataan informasi dan lingkungan untuk memfasilitasi belajar. Lingkungan adalah tempat terjadinya pembelajaran sekaligus tempat dimana metode, media, dan peralatan yang diperlukan menyampaikan informasi dan membimbing siswa dalam belajar.
Media pembelajaran (Heinich dkk 1996) antara lain :
1.      media tidak diproyeksikan
2.      media diproyeksikan
3.      Audio
4.      Media gerak
5.      Komputer
6.      Media radio dan televisi.
Untuk lebih jelasnya kita telaah satu demi satu :
1.      Media tidak diproyeksikan
  1. Objek nyata adalah benda yang digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran.
  2. Model representasi benda asli dalam bentuk tiga dimensi
  3. Bahan tercetak adalah majalah, atau bahan bacaan lain yang berisi penjelasan dan ilustrasi tentang topik-topik dalam pembelajaran IPA
  4. Bahan ilustrasi dapat berupa fotografik dan yang bersifat nonfotografik
2.      Media diproyeksikan
  1. Transparansi untuk memakai alat overhead projector
  2. Slide adalah suatu format kecil transparansi fotografi yang secara individual dipasangkan pada alat proyeksi.
3.      Audio
Media audio adalah rekaman dan transmisi suara manusia atau suara lainnya berisi informasi atau penjelasan tentang tofik pembelajaran, untuk diperdengarkan oleh siswa. media audio bisa berbentuk kaset, rekaman fonograf, compact disk, audio cards.



4.      Media gerak
Media gerak adalah bentuk media yang menyajikan topik pembelajaran dalam bentuk narasi dan gambar yang bergerak. Bentuk media gerak ini bisa berupa film atau video.
5.      Komputer
Yaitu untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Contoh program praktikum IPA, pembelahan sel, petunjuk keselamatan di laboratorium, dan sebagainya.
6.      Media radio dan televisi.
Adalah sajian suara mnusia atau suara lainnya berisi informasi atau penjelasan tentang topik pembelajaran yang disampaikan secara langsung atau melalui proses perekaman, disiarkan melalui radio untuk diperdengarkan oleh siswa.
Televisi adalah seri gambar yang bergerak yang disertai dengan suara manusia atau suara lainnya yang relevan dengan gambar yang disajikan terkait dengan topik oembelajaran yang disampaikan secara langsung atau melalui proses perekaman.

D.          ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN IPA
Pengertian alat peraga menurut Gagne adalah komponen sumber belajar di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
Menurut Briggs adalah wahana fisik yang mengandung materi pembelajaran.
Dengan demikian alat peraga merupakan sesuatu yang digunakan untuk mengomunikasikan materi pembelajaran agar terjadi proses belajar.
Menurut Schramm bahwa alat peraga adalah  suatu teknik untuk menyampaikan pesan sehingga sehingga alat peraga sebagai teknologi pembawa informasi atau pesan pembelajaran.
Miarso secara makro adalah sebagai segala sesuatu yang dapat merangsang terjadinya proses belajar .


Tujuan menggunakan alat peraga :
  1. memperjelas informasi atau pesan pembelajaran
  2. memberi tekanan pada bagian-bagian yang penting
  3. memberi variasi dalam pengajaran
  4. memperjelas struktur pengajaran
  5. memotivasi siswa belajar.
Bentuk alat peraga bisa seperti :
a.      Buku, koran, majalah (bahan-bahan cetakan)
b.      Alat-alat audio dan visual
c.       Sumber-sumber masyarakat( monumen,candi dan peninggalan sejarah lainnya)
d.      Koleksi benda-benda seperti benda-benda mata uang kuno
e.       Prilaku guru ketika mengajar yang dicontokan kepada siswa.



















BAB III
KEGIATAN BELAJAR 2
MENDESAIN ALAT PERAGA IPA DI SD


Mendesain alat peraga  IPA di SD meliputi merancang, memilih dan membuat alat peraga IPA yang sesuai untuk mengajarkan suatu konsep, prinsip dan teori-teori IPA di SD.
Mendesai alat peraga dapat pula berarti menampilkan bentuk asli atau memodifikasi benda asli menjadi sebuah model tertentu.
Sebelum kita membuat alat peraga sederhana terlebih dahulu kita harus menganalisis materi IPA. Sarana utama dari menganalisis materi IPA adalah :
1.      Terjabarnya tema/materi pokok/pokok bahasan
2.      Terpilihna pendekatan dan metode yang efektif dan efisien
3.      Terpilihnya alat peraga atau sarana pembelajaran yang tepat atau cocok
4.      Terjadinya alokasi yang sesuai.
Dalam menganalisis tersebut perlu dikembangkan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut
1.      Metode dan pendekatan seperti apa yang sesuai ?
2.      Apakah diperlukan alat peraga ?
3.      Bagaimana pengelolaan kelas bila mengerjakan metode percobaan ?
4.      Bagaimana cara mendesain alat peraga ?
Dalam mendesain alat peraga perlu memperhatikan konsep yang mendasari kegunaan alat atau prinsip kerja alat tersebut.
Ada tiga kelayakan untuk memilih alat peraga yang baik :
a.      kelayakan praktis
yaitu atas dasar praktis yakni :
  1. Pengenalan dan pemahaman guru dengan jenis alat peraga
  2. Ketersediaan alat peraga dilingkungan belajar setempat
  3. Ketersediaan waktu untuk mempersiapkannya
  4. Ketersedian sarana dan fasilitas pendukungnya
  5. Keluwesan, yaitu: mudah dibawa serta mudah dipergunakan pada waktu kapan dan digunakan oleh siapa saja.
b.      kelayakan teknis / pedagogis
yaitu alat peraga yang dipilih harus memenuhi ketentuan kualitas yaitu:
  1. Relevan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
  2. Merangsang motivasi terjadinya proses belajar yang optimal
c.       kelayakan biaya.
Disamping itu alat peraga IPA sederhana yang kita buat harus memiliki nilai bantu terhadap pelajaran IPA yang dapat kita nyatakan dengan output pedagogis, yaitu hasil interaksi dari kegunaan alat peraga dengan  yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar.
Adapun alat dan bahan yang kita butuhkan untuk membuat alat peraga IPA yang sederhana hendaknya bisa diperoleh dari lingkungan sekitar rumah dan sekolah.


















BAB IV
KESIMPULAN


Kesimpulan pada modul 5 ini antara lain :
Media pembelajaran yaitu segala sesuatu yang membawa informasi dari sumber informasi untuk disampaikan  kepada penerima pesan.
Tujuan penggunaan media secara umum adalah untuk memfasilitasi komunikasi. Dan tujuan penggunaan media pembelajaran antara lain :
1.      Meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran
2.      Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran
3.      Memberikan arahan tentang tujuan yang akan dicapai
4.      Menyediakan evaluasi mandiri
5.      Memberi rangsangan kepada guru untuk kreatif
6.      Menyampaikan materi pembelajaran
7.      Membantu pebelajar yang memiliki kekhususan tertentu.
Dalam merencanakan dan menyelenggarakan pembelajaran perlu melakukan hal-hal berikut, yaitu : memahami karakteristik siswa, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan jembatan atau penghubung antara pengetahuan, keterampilan, dan prilaku siswa dengan tujuan yang akan dicapai melalui pembelajaran, menetukan metode dan format media yang cocok atau tepat, menggunakan media, melibatkan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, dan melakukan evaluasi dan revisi terhadap pembelajaran.
Format media adalah bentuk fisik yang berisi pesan untuk disampaikan atau ditunjukan, misalnya : berupa clip charts, slide, audio, film video, atau komputer multimedia, yang dapat bersifat visual tidak bergerak, visual bergerak, kata-kata yang tercetak, atau kata-kata yang disimpan secara lisan.
Media pembelajaran (Heinich dkk 1996) antara lain :
1.      Media tidak diproyeksikan
2.      Media diproyeksikan
3.      Audio
4.      Media gerak
5.      Komputer
6.      Media radio dan televisi.
Pengertian alat peraga menurut Gagne adalah komponen sumber belajar di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
Menurut Briggs adalah wahana fisik yang mengandung materi pembelajaran.
Dengan demikian alat peraga merupakan sesuatu yang digunakan untuk mengomunikasikan materi pembelajaran agar terjadi proses belajar.
Menurut Schramm bahwa alat peraga adalah  suatu teknik untuk menyampaikan pesan sehingga sehingga alat peraga sebagai teknologi pembawa informasi atau pesan pembelajaran.
Miarso secara makro adalah sebagai segala sesuatu yang dapat merangsang terjadinya proses belajar .
Tujuan menggunakan alat peraga :
  1. Memperjelas informasi atau pesan pembelajaran
  2. Memberi tekanan pada bagian-bagian yang penting
  3. Memberi variasi dalam pengajaran
  4. Memperjelas struktur pengajaran
  5. Memotivasi siswa belajar.
Mendesain alat peraga  IPA di SD meliputi merancang, memilih dan membuat alat peraga IPA yang sesuai untuk mengajarkan suatu konsep, prinsip dan teori-teori IPA di SD.
Mendesai alat peraga dapat pula berarti menampilkan bentuk asli atau memodifikasi benda asli menjadi sebuah model tertentu.









BAB V
KRITIK DAN SARAN


1.      KRITIK
Untuk kritik mungkin tidak ada
2.      SARAN
Saran untuk para audiens diskusi adalah :
1.      Seharusnya para audiens jangan bertanya yang bersifat menguji
2.      Tanyalah kepada kami selaku kelompok 1 apabila teman-teman tidak mengerti, dan akan coba kami jawab dengan sebisa mungkin.
3.      Simaklah apa-apa yang dijelaskan oleh kami guna untuk mengetahui apabila ada kesalahan konsep dari kami tentang pembelajaran IPA
4.      Serta bantulah kami apabia kami tidak bisa menjawab pertanyaan teman-teman.

















BAB VI
PENUTUP


Sekian dari kami (kelompok 1) yang telah membahas tentang modul 5 yaitu tentang media, alat peraga serta cara membuat / mendesain alat peraga sederhana. Apabia ada kesalahan dalam penyampaian modul ini kami minta maaf karena kami masih ada dalam tahap belajar. terimakasih untuk tutor yang telah membimbing kami dan tak lupa kepada teman-teman seperjuangan yang telah membantu aktif dalam diskusi ini. Akhir kata
Assalamualaikum . Wr. Wb.





















DAFTAR PUSTAKA


Sapriati, A. & Suroyo. (2004). Modul 4 : Penggunan Media dalam Pembelajaran Biologi. Kapita Selekta Pembelajaran Bilogi. Jakarta : Universitas Terbuka.

Machmudin, D. & Kusnadi (2002). Modul 5: Alat Peraga IPA di Sekolah Dasar. Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Saefudin & Sudargo, F.T. (2002). Modul 6 : Membuat Alat Peraga IPA SD.
Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
© Copyright 2012. Makalah Cyber . All rights reserved | Makalah Cyber.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Makalah Cyber - Zoenk