Minggu, 19 Agustus 2012

Makalah Kebebasan Akademis Dalam Islam

| Minggu, 19 Agustus 2012 | 0 komentar

Kebebasan Akademis Dalam Islam
A. Pendahuluan
Kehadiran agama Islam di muka bumi ini memuat tendensi agung, yakni rahmatan lil'alamin. Perannya secara global dicatat dengan apik lewat tinta emas dalam baryak lembaran sejarah. Di bawah kendali Islam, pandangan terhadap kemerdekaan berideologi dan sikapnya terhadap aturan hidup sangat jelas, yang ditandai dengan syumuliah (keuniversalan) karena ia memang diturunkan sebagai sistem hidup. Dalam safari sejarah dunia intelektual muslim, kebebasan berekspresi merupakan hak asasi bagi setiap individu untuk merilis pendapat sekaligus meretas jalan menuju kemakmuran ilmu pengetahuan. Islam telah memberikan ruang kepada pencari kebenaran untuk bebas dari ketakutan, jauh sebelum Peter Druker berstatement bahwa masyarakat modern mendatang adalah masyarakat knowledge society, dan siapa yang menduduki posisi penting adalah educated person. Artinya suatu masyarakat yang setiap anggotanya merupakan manusia yang bebas dari ketakutan, bebas berekspresi, dan bebas untuk menentukan arah kehidupannya di dalarn wadah sebuah negara. Islam telah mengaktualisasikan nilai-nilai demokrasi tersebut serta telah pula tertanam kuat dalam tradisi masyarakat luas. Kebebasan ini, bagi ilmuan sangat berpengaruh dalam mengembangkan karya akademiknya tanpa intervensi kehendak dari siapapun.
Catatan sejarah manusia mengungkapkan bahwa kebangkitan peradaban suatu bangsa ternyata tidak terlepas dari pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada di daerah tersebut. Adalah anugerah terbesar bagi suatu kaum/bangsa yang memberikan apresiasi positif terhadap upaya kebebasan dalam melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Islam, sebenarnya telah memberikan dorongan dan motivasi itu dengan menyediakan modal awal berupa doktrin dasar untuk memasuki wilayah tersebut.
Syahdan. Dalam tradisi intelektual muslim dari masa ke masa, kebebasan tersebut sudah mereka retas jauh sebelum dunia barat menggembar gemborkan kemerdekaan dalam berekspresi dan kebebasan dalam dunia akademis. Akademisi muslim menyuguhkan kebebasan dalam melaksanakan proses pembelajaran, penelitian dan mendiskusikan hasil penelitian serta kemerdekaan dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini sesu~u dengan tugas pokok seorang ilmuan yang berkutat dengan ilmu pengetahuan di lembaga pendidikan, yakni menyebarkan, mengembangkan, melestarikan dan mempraktekkan ilmu pengetahuar...~ .~a il~nu pengetahuan disebarkan lewat aktifitas belajar mengajar, dikembangkan melalui kajian dan penelitian, dilestarikan via tulisan dan dipraktekkan lewat pengabdian. Ini semua telah dilakukan oleh kaum intelek muslim sejak berabad abad yang lampau.
Makalah mini ini akan mengetengahkan secuil diskursus kebebasan akademis dalam Islam, baik ditilik dari sudut perspektif normatifitas Islam, bentuk-bentuk kebebasan akademis dalam sejarah intelektual Islam maupun tantangan terhadap kebebasan akademis.

B. Definisi Kebebasan Akademis

Definisi universal dari kebebasan akademis sebenarnya sulit untuk diungkapkan karena literatur mengenai hal itu hampir bisa dikatakan tidak ada. Definisi kebebasan akademis sering dipengaruhi oleh ideologi dimana definisi itu digagas. Dalam lintasan sejarah pemikiran pendidikan, beragaur. definisi tentang kebebasan akademis muncul sesuai dengan kepakaran dan tinjauan yang diberikan oleh para pakar tersebut. Di antaranya secara individual didefinisikan sebagai tiadanya pengekangan, hukurnan dan intimidasi berkenaan dengan usaha tradisional manusia secara khusus, berkaitan dengan pengkajian, penelitian, penyajian lisan pandangan-pandangan mereka, penerbitan penemuan-penemuan dan pendapatpendapat mereka, betapapun kuno dan subversifnya baik bijaksana maupun dungu. 
 
Read more at http://tesisiain.blogspot.com/2012/07/makalah-kebebasan-akademis-dalam-islam.html#1Eu7Y2kGYuAb8kc8.99

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
© Copyright 2012. Makalah Cyber . All rights reserved | Makalah Cyber.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Makalah Cyber - Zoenk