Rabu, 02 Mei 2012

PROFESIONALISME KEPERAWATAN DAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

| Rabu, 02 Mei 2012 | 0 komentar

PROFESIONALISME KEPERAWATAN DAN PERKEMBANGAN KEPERAWATAN

1.                                          Apa yang harus dilakukan oleh anda sebagai seorang perawat untuk menunjukan kepada masyarakat dan profesi lain bahwa perawat adalah suatu profesi yang perofesional :
Jawab : Sebagai seorang perawat harus menekankan bentuk pelayanan professional kepada masyarakat sesuai dengan standar dengan memperhatikan kaidah etik dan moral sehingga pelayanan yang diberikan dapat diterima oleh masyarakat dengan baik dan sebagai perawat professional disini tidak menyerobot atau mengambil wewenang atau ahli tindakan tenaga medis lain (dokter),contoh : Injeksi dan memberikan obat, perawat bisa melakukannya jika ada anvis dari dokter tyang bersangkutan dan contoh tindakan perawat dalam merawat klien atau pasien mempunyai banyak tindakan contoh : oral higience.
2.                                          Apa yang harus dilakukan oleh organisasi perawat (PPNI)  untuk menunjukan kepada masyarakat dan profesi lain bahwa perawat adalah suatu profesi yang perofesional :
                                      
Jawab : PPNI harus memberikan suatu wadah atau tempat guna memberikan pelayanan atau mempermudah pelayanan perawat dalam hal pembuatan SIP.Sehingga perawat bisa di terima oleh masyarakat dan profesi lain sebagai profesi yang professional.
3.                                         Apa yang harus dilakukan oleh Pemerintah  untuk menunjukan kepada masyarakat dan profesi lain bahwa perawat adalah suatu profesi yang perofesional :

Jawab : Pemerintah harus memberlakukan atau mengesahkan UU keperawatan agar profesi perawat lebih di akui masyarakat dan profesi lain sebagai suatu profesi yang professional dan pemerintah harus berperan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan salah satunya meningkatkan standart kelulusan perawat agar perawat menjadi perawat professional.
4.                                        Apa yang harus dilakukan oleh institusi pendidikan kesehatan untuk menunjukan kepada masyarakat dan profesi lain bahwa perawat adalah suatu profesi yang perofesional :
Jawab : Institusi pendidikan harus meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, meningkatkan sarana dan prasarana, memilih atau meningkatkan kualitas tenaga pengajar (dosen),memberdayakan SDM (perawat) dengan penguasaan materi keperawatan dan pengembangan skill  yang ada sehigga instansi mampu mengahasilkan perawat yang profesional.
5.                                        Apa yang harus dilakukan oleh instansi rumah sakit atau unit pelayanan kesehatan untuk menunjukan kepada masyarakat dan profesi lain bahwa perawat adalah suatu profesi yang perofesional :

Jawab : Instansi RS sebelumnya harus lebih selektif dalam merekrut atau mamilih calon tenaga kesehatan yang akan bekerja di instansi RS atau unit pelayanan kesehatan tersebut agar instansi tersebut mendapatkan perawat-perawat yang professional. Setelah itu perawat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki perawat hingga mampu mewujudkan kepuasan masyarakat (klien), terhadap kinerja perawat.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
© Copyright 2012. Makalah Cyber . All rights reserved | Makalah Cyber.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by Makalah Cyber - Zoenk